Welcome

Apa Itu Near Field Communication (NFC)

Apa Itu Near Field Communication (NFC) - Apa sih teknologi NFC itu dan buat apa digunakan ???mungkin pertanyaan ini pernah kita tanyakan ,bagaimana dan fungsi teknologi ini bekerja,apalagi saat ini beberapa perangkat smartphone terbaru sudah menggunakan teknologi ini seperti di Nokia N9 ataupun seri Nokia Lumia 610

Untuk sobat yang penasaran mengenai teknologi Near Field Communication (NFC) ,mungkin beberapa informasi dibawah ini bisa sedikit memberi pemahaman mengenai NFC,NFC sendiri adalah teknologi pertukaran data antara dua perangkat dengan chip khusus dengan jarak tidak lebih dari 4 sentimeter.

Atau seperangkat teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi ''Radio Frequency Identification'' (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat.

Near Field Communication (NFC)

Teknologi ini memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi, seperti pertukaran konten digital, hanya menghubungkan perangkat elektronik ke perangkat elektronik yang memiliki teknologi NFC dengan sentuhan, pengguna juga bisa membeli tiket apapun hanya dengan mengaktifkan NFC pada ponsel. Sebuah teknologi konektivitas berbasis standar, NFC memungkinkan memberikan solusi saat ini dan masa mendatang.

Teknologi ini sudah populer di luar negeri,namun sepertinya diIndonesia belum ada yang menggunakannya,tapi seperti yang dikutip dari kompas ada Sejumlah perusahaan lokal di Tanah Air juga telah menggunakan NFC untuk menyediakan solusi bisnis atau mengembangkan produknya.

Salah satunya adalah Agate Studio, Agate studio merupakan game developer di Bandung yang banyak mengembangkan game untuk ponsel Nokia. Game baru buatan Agate Studio yang diberi nama Smashmania bahkan tidak cuma memanfaatkan NFC sehingga dapat dimainkan secara interaktif di ponsel, tetapi juga memanfaatkan augmented reality.

Teknologi NFC pun mempunyai beberapa manfaat dalam bidang bidang tertentu,seperti :
  • NFC dapat memberikan berbagai manfaat kepada pengguna seperti:
  • Intuitif: Interaksi “NFC” tidak membutuhkan kesulitan hanya dari sentuhan sederhana.
  • Versatile: NFC cocok digunakan untuk industri, dan lingkungan yang luas.
  • Berbasis standar: Lapisan dasar teknologi NFC mengikuti standar universal yang telah diterapkan oleh ISO, ECMA, dan ETSI.
  • Teknologi yang memungkinkan: NFC memfasilitasi pengaturan dengan cepat dan sederhana dari teknologi nirkabel, seperti Bluetooth dan Wi-Fi.
  • Inherently secure: Transmisi NFC bekerja dengan jarak dekat.
  • Interoperable: NFC bekerja dengan teknologi yang sudah ada kartu contactless.
  • Keamanan: NFC telah memiliki kemampuan untuk mendukung aplikasi yang aman.
Sejak dikembangkan tahun 2008, NFC telah diadopsi secara global terutama di negara-negara maju. Sampai saat ini NFC telah diuji coba dan komersial pada lebih dari 200 proyek di 54 negara.

Di Amerika, Eropa, Rusia dan Australia teknologi ini telah digunakan secara luas. Beberapa negara Timur Tengah juga sudah mencoba teknologi ini, antara lain Iran, Israel, Kuwait, Emirat Arab,dan Arab Saudi. Bahkan masayarkat Afrika pun sudah menikmati NFC, antara lain Kenya dan Afrika Selatan.

Untuk kawasan Asia, NFC dimulai oleh negera maju seperti Hongkong, Jepang, Korea, Taiwan, China, bahkan India dan Sri Langka. Sedangkan kawasan Asia Tenggara dimulai oleh Singapura, Malaysia, Thailand, dan Philipina. Sayang tentunya, Indonesia belum muncul pada laporan internasional sebagai negara pengguna NFC.

Nah itulah sedikit pengertian mengenai Apa Itu Near Field Communication (NFC) kegunaan ,manfaat dan fungsinya yang Informasi Gadget kutip dari berbagai sumber,nah untuk anda sudah siapkha menghadapi perkembangan zaman dengan teknologi yang semakin canggih dan memudahkan manusia seperti NFC ini???

(sumber :wikipedia.kompas.detik)

Artikel Terkait:


Category Article